Pola Komunikasi Interaksi Pembelajaran

Pola Komunikasi Interaksi Pembelajaran. Pada kali ini saya akan berbagi tentang pola komunikasi interaksi pembelajaran. Komunikasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan interaksi pembelajaran diantaranya :
  1. Komunikasi sebagai aksi atau komunikasi satu arah , Dalam komunikasi ini pendidik berperan sebagai pemberi aksi dan peserta didik sebagai penerima aksi, pendidik aktif, peserta didik pasif. Ceramah pada dasarnya adalah komunikasi satu arah, atau komunikasi sebagai aksi. Komunikasi jenis ini kurang banyak menghidupkan kegiatan belajar peserta didik
  2. Komunikasi sebagai interaksi atau komunikasi dua arah, Pada komunikasi ini pendidik dan peserta didik dapat berperan sama, yakni pemberi aksi dan penerima aksi. Keduanya dapat saling memberi dan saling menerima. Komunikasi ini lebih baik dari pada komunikasi satu arah, sebab kegiatan pendidik dan kegiatan peserta didik relatif sama.
  3. Komunikasi banyak arah atau komunikasi sebagai transaksi, Komunikasi ini yakni komunikasi yang tidak hanya melibatkan interaksi dinamis antara pendidik dan peserta didik tetapi juga melibatkan interaksi dinamis antara peserta didik satu dengan yang lainnya. Proses belajar mengajar dengan pola komunikasi ini mengarah kepada proses pembelajaran yang mengembangkan kegiatan siswa yang optimal, sehingga menumbuhkan siswa belajar aktif. Diskusi, simulasi, merupakan strategi yang dapat mengembangkan komunikasi ini.
Interaksi pembelajaran dikatakan bernilai normatif kerana didalamnya ada sejumlah nilai, jadi wajar bila interaksi dinilai bernilai edukatif. Pendidik yang dengan sadar berusaha merubah tingkah laku, sikap, dan perbuatan peserta didik menjadi lebih baik, dewasa, dan bersusila yang cakap adalah sikap dan tingkah laku guru yang bernilai edukatif.
Untuk mencapai interaksi pembelajaran sudah barang tentu perlu adanya komunikasi yang jelas antara pendidik dengan peserta didik, sehingga terpadunya dua kegiatan yakni kegiatan mengajar (usaha guru) dengan kegiatan belajar ( tugas siswa) yang berdaya guna dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Sering kita jumpai kegagalan pembelajaran disebabkan lemahnya sistem komunikasi. Untuk itu pendidik perlu mengembangkan pola komunikasi interaksi pembelajaran yang efektif dalam proses belajar mengajar.
Komunikasi dan interaksi yang baik dalam pembelajaran memungkinkan peserta didik lebih semangat dan tidak jenuh dalam pembelajaran. sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Demikian tentang pola komunikasi interaksi pembelajaran, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pola Komunikasi Interaksi Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel