Langkah-Langkah Pembelajaran Aktif

Langkah-Langkah Pembelajaran Aktif

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang langkah-langkah pembelajaran aktif. baik langsung saya berikut langkah-langkah pembelajaran aktif :
  1. Mulailah pelajaran dengan menanyakan ringkasan atau apa yang penting dari pelajaran lalu. Mintalah peserta didik untuk membagikan apa yang mereka tulis atau ketahui kepada teman sekelas.
  2. Mintalah peserta didik untuk mengajukan pertanyaan apa yang belum mereka pahami atau minta keterangan lebih lanjut mengenai pelajaran yang lalu atau pelajaran yang akan diberikan
  3. Mintalah peserta didik untuk menerka materi apa yang akan diberikan pada hari ini.
  4. Mintalah peserta didik untuk menuliskan komentar atau mengomentari secara lisan topik atau tema yang akan dibahas
  5. Gunakan teknik permainan jigsaw untuk sarana permainan dalam kelompok kecil. Masing-masing kelompok memiliki tugas yang sama tetapi sedikit informasi sehingga mereka harus bekerja sama
  6. Mempersiapkan diskusi dengan menanyakan sesuatu, menyebutkan angka satu untuk setuju atau menunjukan kertas warna hijau, angka dua atau warna merah untuk yang tidak setuju, dan angka tiga atau warna kuning untuk yang ragu-ragu. Kemudian berdasarkan jawaban itu peserta didik diminta untuk mengajukan alasan dan argumentasinya
  7. Kerja kelompok, dimana setiap kelompok melakukan aktivitas tertentu sesuai dengan topik atau tema yang sedang dibahas.
  8. Pada akhir proses pembelajaran peserta didik diminta untuk menuliskan ringkasan menurut bahasa mereka sendiri. Atau diminta untuk membuat tanggapan sesuai dengan kemampuannya entah dengan menggambar, membuat puisi, mengekspresikan dengan gerakan, menyanyi atau menari.
  9. Peserta didik diminta untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan pokok atau tema bahasan, setelah ditukarkan dengan teman yang lain, kemudian diminta untuk mengerjakannya sebagai pekerjaan rumah
  10. Peserta didik diminta untuk memberikan contoh dari pengalamannya yang berkaitan dengan pokok atau tema yang baru saja dibahas.
Langkah-langkah pembelajaran aktif diatas bisa disesuaikan dengan kebutuhan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. demikian semoga dapat menjadi bahan referensi bagi para pendidik tentang pembelajaran aktif.

0 Response to "Langkah-Langkah Pembelajaran Aktif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel