Ciri-Ciri Pembelajaran Aktif

Ciri-Ciri Pembelajaran Aktif

Sebelum saya membahas tentang ciri-ciri pembelajaran aktif saya akan membahas tentang pembelajaran aktif. Pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang menekankan keaktifan siswa untuk mengalami sendiri, untuk berlatih, untuk berkegiatan sehingga baik dengan daya pikir, emosi, dan keterampilannya mereka belajar dan berlatif. Sedangkan ciri-ciri pembelajaran aktif sebagai berikut :
  1. Pembelajaran terkait dengan kehidupan nyata
  2. Pembelajaran mendorong anak untuk berfikir tingkat tinggi
  3. Pembelajaran melayani gaya belajar anak yang berbeda-beda
  4. Pembelajaran mendorong anak untuk berinteraksi multi arah 
  5. Pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai media atau sumber belajar
  6. Pembelajaran berpusat pada anak atau peserta didik
  7. Penataan lingkungan belajar memudahkan peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar
  8. Guru memantau proses belajar peserta didik
  9. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kerja peserta didik
Untuk menciptakan pembelajaran aktif ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :
  1. Peserta didik belajar dari pengalamannya, selain peserta didik harus memecahkan masalah yang dia peroleh, peserta didik dapat belajar dengan baik dari pengalaman mereka.
  2. Peserta didik belajar dengan cara melakukan, menggunakan indera mereka, menjelajahi lingkungan, baik lingkungan berupa benda, tempat, serta peristiwa-peristiwa disekitar meraka.
  3. Peserta didik belajar dari pengalaman yang menyentuh perasaan mereka seperti membaca buku, melihat lukisan, menonton TV dan mendengarkan radio.
  4. Keterlibatan yang aktif dengan objek-objek atau gagasan-gagasan tersebut dapat mendorong aktivitas mental mereka untuk berfikir, menganalisa, menyimpulkan, dan menemukan pemahaman konsep baru dan mengintegrasikannya dengan konsep yang sudah mereka ketahui sebelumnya.
  5. Pendidik sebagai fasilitator yang dapat menciptakan suasana kelas yang demokratis, kedudukan pendidik adalah sebagai pembimbing dan pemberi arah, sedangkan peserta didik merupakan objek sekaligus subjek dan mereka bersama-sama saling mengisi kegiatan, belajar aktif dan kreatif.
  6. Pembelajaran aktif memerlukan keterlibatan peserta didik dan peserta didik yang peduli dengan pendidikan mereka sendiri. Peserta didik harus didorong untuk berfikir, menganalisa, membentuk opini, praktik, mengaplikasikan pembelajaran mereka.
  7. Pembelajaran aktif dapat dilakukan dengan basis individu atau grup dan kelompok.
  8. Pendidik dapat membantu peserta didik untuk menghubungkan apa yang mereka pelajari disekolah dengan apa yang mereka lakukan atau akan dilakukan di kehidupan nyata.
 Demikian tentang ciri-ciri pembelajaran aktif. semoga dapat bermanfaat sebagai sumber referensi bagi para pendidik.

0 Response to "Ciri-Ciri Pembelajaran Aktif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel