Ciri-Ciri Karakteristik Peserta Didik

Ciri-Ciri Karakteristik Peserta Didik

Peserta didik memiliki sejumlah ciri-ciri karakteristik, diantaranya : Peserta didik adalah individu yang memiliki potensi fisik dan psikis, sehingga ia merupakan insan yang unik. Peserta didik merupakan individu yang sedang berkembang, artinya peserta didik tengah mengalami perubahan-perubahan dalam dirinya secara wajar, baik yang ditujukan kepada diri sendiri maupun yang diarahkan pada penyesuaian dengan lingkungannya. Peserta didik adalah individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi. Peserta didik merupakan individu yang memiliki kemampuan untuk mandiri.
Peserta didik secara formal adalah orang yang sedang berada pada fase pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik maupun psikis, pertumbuhan dan perkembangan merupakan ciri dari seseorang peserta didik yang perlu bimbingan dari seorang pendidik. Pertumbuhan menyangkut fisik, perkembangan menyangkut psikis.
Menurut Pasal 1 Ayat 4 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Syamsul Nizar mendeskripsikan ciri-ciri karakteristik peserta didik diantaranya :
  1. Peserta didik bukanlah miniatur orang dewasa tetapi memiliki dunianya sendiri.
  2. Peserta didik memiliki perioditas perkembangan dan pertumbuhan.
  3. Peserta didik adalah makhluk Tuhan yang memiliki perbedaan individu baik disebabkan oleh faktor bawaan maupun lingkungan dimana ia berada.
  4. Peserta didik merupakan dua unsur utama jasmani dan rohani, unsur jasmani memiliki daya fisik, dan unsur rohani memiliki daya akan hati nurani dan nafsu.
  5. Peserta didik adalah manusia yang memiliki potensi atau fitrah yang dapat dikembangkan dan berkembang secara dinamis.
Peserta didik menurut sifatnya dapat dididik, karena mereka mempunyai bakat dan disposisi-disposisi yang memungkinkan untuk diberi pendidikan, diantaranya :
  1. Tubuh anak sebagai peserta didik selalu berkembang sehingga semakin lama semakin dapat menjadi alat untuk menyatakan kepribadiannya.
  2. Anak dilahirkan dalam keadaan tidak berdaya. Keadaan ini menyebabkan dia terikat kepada pertolongan orang dewasa yang bertanggung jawab.
  3. Anak membutuhkan pertolongan dan perlindungan serta membutuhkan pendidikan.
  4. anak mempunyai daya eksplorasi. Anak mempunyai kekuatan untuk menemukan hal-hal yang baru di dalam lingkungannya dan menuntut kepada pendidik untuk diberi kesempatan.
  5. Anak mempunyai dorongan untuk mencapai emansipasi dengan orang lain
Selain karakteristik diatas ada beberapa ciri-ciri karakteristik peserta didik lainnya yaitu :
  1. Belum memiliki pribadi dewasa sehingga masih menjadi tanggung jawab pendidik.
  2. Masih menyempurnakan aspek tertentu dari kedewasaannya sehingga masih menjadi tanggung jawab pendidik.
  3. Sebagai manusia yang memiliki sifat-sifat dasar yang sedang ia kembangkan secara terpadu, menyangkut seperti kebutuhan biologis, rohani, sosial, intelegensi, emosi, kemampuan berbicara, perbedaan indivual dan sebagainya.

0 Response to "Ciri-Ciri Karakteristik Peserta Didik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel