Model Pembelajaran Index Card Match

Model Pembelajaran Index Card Match. Index card match adalah strategi aktif yang biasanya menggunakan kartu indeks untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik memahami pelajaran yang sudah dipelajari. Model pembelajaran ini bisa digunakan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran index card match juga merupakan salah satu contoh pembelajaran aktif. selain itu dapat melatih siswa untuk membuat soal yang terkait dengan materi pelajaran yang sedang dibahas. Guru juga dapat mengukur sejauh mana kemampuan dan pengusaan peserta didik terhadap sebuah materi pelajaran. Berikut ini langkah-langkah model pembelajaran index card match :
  1. Persiapkan kertas kosong yang sudah dipotong untuk membuat kartu indeks
  2. Jumlah kartu indeks sama dengan jumlah siswa pada kelas yang akan diajar
  3. Kartu indeks soal dan kartu indeks jawaban bisa dibuat setengah-setengah. misalnya dalam satu kelas ada 30 peserta didik maka dibuat kartu indeks soal sebanyak 15 dan kartu indeks jawaban sebanyak 15
  4. Untuk mempermudah guru, guru sebelumnya bisa meminta siswa untuk membuat soal dan jawaban pada kartu indeks yang telah tersedia
  5. Pada kartu indeks yang terpisah, tulislah pertanyaan tentang apapun yang diajarkan di kelas. Buatlah pertanyaan dengan jumlah yang sama dengan jumlah siswa
  6. Pada kartu yang terpisah, tulislah jawaban atas masing-masing pertanyaan itu
  7. Campurkan dua kumpulan kartu itu dan kocoklah beberapa kali agar benar-benar tercampur aduk
  8. Berilah satu kartu untuk satu siswa. Jelaskan bahwa ini merupakan latihan pencocokan. Sebagian siswa mendapat pertanyaan tinjauan dan sebagian lainnya mendapat kartu jawaban
  9. Perintahkan siswa untuk mencari kartu pasangan mereka, Yaitu kartu yang berupa soal dengan kartu yang cocok atau yang merupakan jawaban dari kartu soal tersebut
  10. Bila semua pasangan yang cocok telah duduk bersama, perintahkan tiap pasangan untuk memberikan kuis kepada siswa lain dengan membacakan keras-keras pertanyaan mereka dan menantang siswa lain untuk memberikan jawabannya.
  11. langkah terakhir guru melakukan refleksi manakalah ada point-point yang belum tersampaikan dan memberikan penguatan
Demikian model pembelajaran index card match, selamat mencoba. Untuk rujukan bukunya bisa dicari Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT karya Zainal Arifin dan Adhi Setiawan terbitan Skripta Media Creatif. Active Learning:101 Cara Belajar Siswa Aktif karya Raisul Muttaqien terbitan Nusamedia. Terima kasih.

0 Response to "Model Pembelajaran Index Card Match"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel