Model Pembelajaran Fishbowl
25 October 2018
Add Comment
Model Pembelajaran Fishbowl. Fishbowl merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang mendorong siswa untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok dengan cara berdiskusi (Rusman, 2012). Menurut Riyanto (2008) model pembelajaran fishbowl juga model pembelajaran yang menerapkan pembelajaran kooperatif, model ini merupakan suatu metode kerja kelompok yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok luar dan kelompok dalam. Mel Silberman dalam bukunya Pembelajaran Aktif, fishbowl adalah format diskusi dimana sebagai murid membentuk lingkaran diskusi dan murid-murid lainnya membentuk lingkaran pendengar disekeliling kelompok diskusi (2013).
Dari teori-teori diatas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran fishbowl adalah metode pembelajaran secara berkelompok dimana dalam pembelajaran ini kelompok dibagi dua yaitu kelompok diskusi dalam dan kelompok diskusi luar sebagai pendengar untuk memecahkan suatu masalah. Silbermen (2006) menjelaskan model pembelajaran fishbowl disebut juga diskusi pada ruang terbuka.
Buchari Alma menjelaskan ada beberapa keunggulan dalam model pembelajaran fishbowl, yaitu :- Mendorong siswa berfikir kritis
- Mendorong siswa mengekspresikan pendapatnya secara bebas
- Mendorong siswa menyumbangkan buah pikirannya untuk memecahkan masalah bersama
- Mengambil salah satu alternatif jawaban atau beberapa alternatif jawaban untuk memecahkan masalah berdasarkan pertimbangan yang seksama.
- Alokasi waktu yang sulit karena banyak memakan waktu
- Biasanya tidak semua siswa mengemukakan pendapat
- Jumlah kelompok terlalu banyak karena terdiri dari dua kelompok
Link will be apear in 15 seconds.
Well done! you have successfully gained access to Decrypted Link.
0 Response to "Model Pembelajaran Fishbowl"
Post a Comment