Model Pembelajaran Fishbowl

Model Pembelajaran Fishbowl. Fishbowl merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang mendorong siswa untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok dengan cara berdiskusi (Rusman, 2012). Menurut Riyanto (2008) model pembelajaran fishbowl juga model pembelajaran yang menerapkan pembelajaran kooperatif, model ini merupakan suatu metode kerja kelompok yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok luar dan kelompok dalam. Mel Silberman dalam bukunya Pembelajaran Aktif, fishbowl adalah format diskusi dimana sebagai murid membentuk lingkaran diskusi dan murid-murid lainnya membentuk lingkaran pendengar disekeliling kelompok diskusi (2013).
Dari teori-teori diatas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran fishbowl adalah metode pembelajaran secara berkelompok dimana dalam pembelajaran ini kelompok dibagi dua yaitu kelompok diskusi dalam dan kelompok diskusi luar sebagai pendengar untuk memecahkan suatu masalah. Silbermen (2006) menjelaskan model pembelajaran fishbowl disebut juga diskusi pada ruang terbuka.
Buchari Alma menjelaskan ada beberapa keunggulan dalam model pembelajaran fishbowl, yaitu :
  1. Mendorong siswa berfikir kritis
  2. Mendorong siswa mengekspresikan pendapatnya secara bebas
  3. Mendorong siswa menyumbangkan buah pikirannya untuk memecahkan masalah bersama
  4. Mengambil salah satu alternatif jawaban atau beberapa alternatif jawaban untuk memecahkan masalah berdasarkan pertimbangan yang seksama.
Mel Siberman (2013) menjelaskan kekurangan model pembelajaran fishbowl antara lain :
  1. Alokasi waktu yang sulit karena banyak memakan waktu
  2. Biasanya tidak semua siswa mengemukakan pendapat
  3. Jumlah kelompok terlalu banyak karena terdiri dari dua kelompok

0 Response to "Model Pembelajaran Fishbowl"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel