4 Peran Guru Dalam Pembelajaran

4 Peran Guru Dalam Pembelajaran. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengelola pembelajaran diantaranya : membangkitkan semangat siswa, memberikan harapan yang realistis, memberikan insentif, memberikan pengarahan. Sedangkan menurut Djauhar Siddiq peran guru meliputi : guru sebagai pengajar (teacher as instructur), guru sebagai pembimbing (teacher as counselor), guru sebagai ilmuwan (teacher as sciencetis), guru sebagai pribadi (teacher as person).
Begitu pentingnya guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran maka guru memiliki posisi yang sentral dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan termasuk dalam melakukan evaluasi terhadap kinerjanya sendiri.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 ( dalam Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar) penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar meliputi : penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, penilaian hasil belajar oleh pemerintah.
Peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa malakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian kemampuan profesionalnya. Guru harus lebih dinamis dan kreatif dalam mengembangkan proses pembelajaran peserta didik.
Guru di masa mendatang tidak lagi menjadi satu-satunya orang yang paling well informed terhadap berbagai informasi dan pengetahuan yang sedang tumbuh, berkembang, berinteraksi dengan manusia dijagat raya ini. Dimasa depan, guru bukan satu-satunya orang yang lebih pandai di tengah-tengah peserta didiknya, jika guru tidak memahami mekanisme dan pola penyebaran informasi yang demikian cepat, maka ia akan terpuruk secara profesional.
Yang tidak kalah penting adalah guru harus bisa memposisikan diri sebagai orang tua, kakak, sahabat, pagi peserta didik. Membangun kedekatan dengan peserta didik sangat penting mengingat pada masa sekarang banyak terjadi tidak kekerasan yang dilakukan oleh guru terhadap siswa, atau siswa terhadap guru. Dengan membangun kedekatan dengan peserta didik seorang guru dapat lebih banyak mengetahui karakter-karakter peserta didiknya, masalah-masalah yang dihadapi peserta didik dan meminimalisir tindak kekerasan. Akan tetapi guru juga harus tetap menjaga kewibawaannya dengan memperhatikan kode etik sebagai guru. Jangan sampai tujuan membangun kedekatan dengan peserta didik untuk dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam belajar, akan tetapi malah kedekatan yang dibangun keluar dari garis-garis kode etik sebagai guru.

0 Response to "4 Peran Guru Dalam Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel