Kamis, 02 April 2015

Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Quick on The Draw

Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Quick on The Draw
Oke Pembaca yang budiman, kali ini saya update lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan coba bertukar pengetahuan tentang Metode Pembelajaran Quick on The Draw.
Quick on The Draw merupakan sebuah aktivitas riset untuk kerja tim dan kecepatan. Tujuannya adalah menjadi kelompok pertama yang menyelesaikan satu set pertanyaan. Kegiatan pembelajaran dengan aktivitas quick on the draw dapat membantu siswa membiasakan diri pada sumber, bukan guru dan sesuai dengan karakteristik siswa yang tidak dapat duduk diam selama lebih dari beberapa menit.
Quick on the draw akan memberikan pengalaman mengenai macam-macam keterampilan membaca yang didorong oleh kecepatan aktivitas, ditambah belajar mandiri dan kecakapan ujian yang lain, membaca pertanyaan dengan hati-hati, menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat, serta membedakan materi penting dan yang tidak.
Ginnis (2008:163) mengungkapkan bahwa terdapat sembilan langkah dalam metode Quick on the draw, yaitu :
  1. Siapkan satu set pertanyaan, misalkan 10 atau 20, mengenai materi yang akan dibahas. Tiap kelompok memiliki satu set pertanyaan sendiri dan setiap pertanyaan harus dikartu yang terpisah. Halaman depan kartu untuk nomor soal dan pertanyaan tertulis dibaliknya. Tiap set pertanyaan sebaiknya menggunakan kartu dengan warna yang berbeda. Letakkan satu set pertanyaan di atas meja, kartu menghadap ke atas sehingga yang terlihat adalah nomor soal.
  2. Bagi kelas ke dalam kelompok-kelompok kecil. Beri warna untuk tiap kelompok sehingga mereka dapat mengenali set pertanyaan yang ada di meja.
  3. Tiap siswa dalam kelompok di beri materi sumber yang terdiri dari jawaban untuk semua pertanyaan, bisa berupa halaman tertentu dari buku teks siswa. Jawaban sebaiknya tidak begitu jelas agar siswa berinisiatif untuk mencari jawaban lengkapnya di buku teks.
  4. Pada kata "mulai", satu orang "orang pertama", dari tiap kelompok berjalan ke meja guru, mengambil pertanyaan pertama menurut warna mereka dan kembali membawanya ke kelompok.
  5. Kelompok tersebut berdiskusi mencari jawaban pertanyaan dan kemudian jawaban ditulis di bawah pertanyaan.
  6. Setelah selesai, jawaban diberikan kepada guru oleh orang ke dua. Guru memeriksa jawaban, jika jawaban akurat dan lengkap, pertanyaan kedua dari tumpukan warna mereka dapat diambil. Begitu seterusnya. Jika jawaban tidak akurat atau tidak lengkap, maka guru menyuruh siswa tersebut kembali ke kelompok dan mendiskusikan jawaban yang benar. Siswa yang menulis jawaban, mengambil pertanyaan dan mengembalikan jawaban harus bergantian.
  7. Saat satu siswa sedang mengembalikan jawaban, siswa yang lain menandai sumbernya dan membiasakan diri dengan isinya, sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan selanjutnya dengan lebih efisien.
  8. Kelompok yang menang adalah yang pertama menjawab semua pertanyaan.
  9. Guru memberikan reward kepada kelompok yang menang dan memberikan motivasi kepada kelompok yang kalah.
  10. Guru bersama siswa menjawab semua pertanyaan dan siswa membuat catatan tertulis.
Sumber : Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktis Mengajar, Jakarta : Indeks

0 komentar:

Poskan Komentar