Senin, 09 Juni 2014

Kemampuan Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor

Kemampuan Aspek Kognitif, Aspek Afektif dan Psikomotor. Dalam dunia pendidikan kita sering mendengar bahkan sudah hafal tentang aspek yang dikembangkan dalam pembelajaran maupun proses pendidikan aspek tersebut meliputi aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Namun kita perlu mengetahui ketiga aspek tersebut apa saja yang perlu dikembangkan. Nah saya akan mencoba berbagi mengulas ketiga hal tersebut :
  1. Aspek kognitif yaitu kemampuan untuk : (a) mengetahui : kemampuan mengingat apa yang sudah dipelajari. (b) memahami : kemampuan menangkap makna yang dipelajari (c) mengetrapkan : kemampuan untuk menggunakan hal yang sudah dipelajari itu ke dalam situasi baru yang konkrit (d) menganalisis : kemampuan untuk memerinci hal yang dipelajari ke dalam unsur-unsurnya agar supaya struktur organisasi dapat dimengerti (e) mensintesis : kemampuan untuk mengumpulkan bagian-bagian untuk membentuk suatu kesatuan yang baru (f) mengevaluasi : kemampuan untuk menentukan nilai sesuatu yang dipelajari untuk suatu tujuan tertentu.
  2. Kemampuan afektif yaitu kemampuan untuk : (a) menerima atau receiving : kesediaan untuk memperhatikan (b) menanggapi atau responding : aktif berpartisipasi (c) menghargai atau valuing : penghargaan kepada benda, gejala, perbuatan tertentu (d) membentuk atau organization : memadukan nilai-nilai yang berbeda, menyelesaikan pertentangan dan membentuk sistem nilai yang bersifat konsisten dan internal (e) berpribadi atau characterization by a value of value complex : mempunyai sistem nilai yang mengendalikan perbuatan untuk menumbuhkan "live style" yang mantap.
  3. Kemampuan psikomotor, yang dimaksud kategori kemampuan psikomotor ialah kemampuan yang menyangkut kegiatan otot dan kegiatan fisik. Jadi tekanan kemampuan yang menyangkut koordinasi syaraf otot. Jadi secara singkat dapat dikatakan bahwa kemampuan psikomotor menyangkut kegiatan fisik yang meliputi kegiatan melempar, melekuk, mengangkat, berlari dan sebagainya.
Adanya klasifikasi kemampuan ini akan dapat membantu guru untuk menentukan langkah yang harus dilalui di dalam proses belajar mengajar dengan memperhatikan :
  • Apa yang ingin dicapai dalam proses belajar mengajar
  • Bagaimana siswa harus belajar
  • Metode dan bahan apa yang dapat berhasil guna dan proses belajar mengajar
  • Perubahan tingkah laku yang mana diharapkan dapat dihasilkan dalam proses belajar mengajar ini 
  • dan seterusnya guru bisa menganalisis sendiri sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar