Rabu, 18 Mei 2016

Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Creative Problem Solving

Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Creative Problem Solving

Metode Pembelajaran Model Creatif Problem Solving yang akan penulis utarakan kali ini berkaitan dengan pembelajaran matematika, silahkan untuk disimak bagi teman-teman pembaca.

Model "Creative Problem Solving" (CPS) adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Ketika dihadapkan dengan suatu pertanyaan, siswa dapat melakukan keterampilan memecahkan masalah untuk memilih dan mengembangkan tanggapannya. Tidak hanya dengan cara menghafal tanpa dipikir, keterampilan memecahkan masalah memperluar proses berfikir (Pepkin, 2004:1)

Suatu soal yang dianggap sebagai "masalah" adalah soal yang memerlukan keaslian berpikir tanpa adanya contoh penyelesaian sebelumnya. Masalah berbeda dengan soal latihan. Pada soal latihan, siswa telah mengetahui cara menyelesaikannya, karena telah jelas antara hubungan yang diketahui dengan yang ditanyakan, dan biasanya telah ada contoh soal.

Pada masalah siswa tidak tahu bagaimana cara menyelesaikannya tetapi tertarik dan tertantang untuk menyelesaikannya. Siswa menggunakan segenap pemikiran, memilih strategi pemecahannya, dan memproses hingga menemukan penyelesaian dari suatu masalah (Suyitno, 2000:34)

Sebagai gambaran terkadang seorang siswa mengerjakan soal matematika, ada anak yang menemukan hasil yang sudah ditentukan dengan rumus yang diberikan oleh guru, dan jawaban yang siswa tersebut peroleh benar dengan menggunakan rumus. Akan tetapi ada siswa dengan soal yang sama dengan langkah rumus atau perhitungan yang berbeda siswa tersebut berhasil menemukan jawaban atas soal yang diberikan. 

Adapun Proses dari model pembelajaran Creative Problem Solving langkah-langkahnya sebagai berikut :
a. Klasifikasi Masalah
Klasifikasi masalah meliputi pemberian penjelasan kepada siswa tentang masaah yang diajukan, agar siswa dapat memahami tentang penyelesaian seperti apa yang diharapkan.
b. Pengungkapan Pendapat
Pada tahap ini siswa dibebaskan untuk mengungkapkan pendapat tentang berbagai macam strategi penyelesaian masalah.
c. Evaluasi dan Pemilihan
Pada tahap evaluasi dan pemilihan ini, setiap kelompok mendiskusikan pendapat-pendapat atau strategi-strategi mana yang cocok untuk menyelesaikan masalah
d. Implementasi
Pada tahap ini siswa menentukan strategi mana yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah, kemudian menerapkannya, sampai menemukan penyelesaian dari masalah tersebut. (Pepkin, 2004:2)

Dengan membiasakan siswa menggunakan langkah-langkah yang kreatif dalam memecahkan masalah, diharapkan dapat membantu siswa untuk mengatasi kesulitan dalam mempelajari matematika. Karena biasanya siswa akan takut dan pusing jika dihadapkan dengan rumus yang begitu rumit, dan harus menggunakan rumus yang diberikan oleh guru. sebelum menggunakan metode ini terlebih dulu siswa diberi pemahaman tentang rumus dasar dalam suatu perhitungan matematika. 

terima kasih, semoga bermanfaat bagi para pendidik semua, wassalam.

0 komentar:

Poskan Komentar