Senin, 08 Desember 2014

Gaya Belajar Berdasarkan Indera Manusia

Gaya Belajar Berdasarkan Indera Manusia

Menurut Fleming (2001) menyebutkan bahwa ada empat gaya belajar berdasarkan indera manusia diantaranya :
  1. Visual yaitu memahami sesuatu lewat apa yang dilihat. Misalkan ketika seorang anak memesan makanan dengan menunjukkan gambar paling menarik di kartu menu. Atau dalam pembelajaran dikelas anak biasanya lebih jelas ketika diperlihatkan secara langsung dengan gambar sesuai materi yang sedang dibahas. biasanya pembelajaran dengan penerapan visual sering ditemui di taman kanak-kanak atau SD kelas bawah.
  2. Aural, dulu disebut dengan auditori, yaitu memahami sesuatu lewat apa yang didengar. Misalnya ketika meminta diceritakan dulu oleh mama tentang calon makanan yang akan dipesan. Biasanya dalam proses pembelajaran dikelas ada beberapa anak yang senang mendengarkan cerita baik tentang tokoh maupun cerita hewan yang mengandung hikmah. Anak tipe aural akan lebih senang dan dapat menerima pelajaran yang diberika oleh guru ketika guru membacakan sebuah cerita atau dongeng dengan begitu tokoh atau hikmah yang ada dalam cerita dapat diserap oleh anak sebagai pengetahuan.
  3. Read atau Write, yaitu memahami sesuatu lewat proses membaca dan menulis. Perlu disadari bahwa walaupun pada jaman sekarang banyak kita jumpai desain-desain pembejaran yang menarik dan menggunakan media teknologi akan tetapi membaca dan memulis dalam dunia pendidikan merupakan hal mendasar yang harus dikuasai oleh anak didik banyak dalam dunia pendidikan kita jumpai anak mengerti atau hafal tentang sesuatu akan tetapi ketika dia menuliskan apa yang diketahui akan tersebut tidak bisa menuliskan dengan benar baik itu kurang huruf salah kata dan sebagainya. banyak pula kita jumpai anak-anak usia sekolah dasar yang belum lancar membaca dan belum lancar menulis. Maka dari masalah tersebut biasakan anak didik untuk sesekali atau diprogram dalam pembelajaran untuk menulis dan membaca. jangan sampai media teknologi mengenyampingkan hal dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. selain masalah tersebut biasanya ada anak yang ketika dilihatkan sebuah gambar dia bermain, diceritakan sebuah dongeng tidak mendengarkan maka langkah read and write bisa membantu guru untuk menyampaikan materi pelajaran akan tetapi bimbingan dan arahan guru tetap berjalan dalam proses ini.
  4. Kinesthetic, yaitu memahami sesuatu setelah mencoba melakukan sendiri. model ini peran guru sangat penting dalam kesuksesan belajar. Selalu usahakan contoh nyata atau demonstrasi dari apa yang sedang dipelajari, usahakan belajar dengan membuat tangan dan kaki bergerak, ajak anak didik mendramakan apa yang yang sedang dipelajari.

0 komentar:

Posting Komentar