Senin, 28 April 2014

Tiga Sifat Dasar Manusia

Tiga Sifat Dasar Manusia. Manusia dalam psikologi pendidikan pada dasarnya memiliki tiga sifat dasar diantaranya sebagai berikut :
  1. Sifat biologis (tumbuh-tumbuhan), sifat ini telah membuat manusia tumbuh secara alami dengan prinsip-prinsip biologis dengan menggunakan lingkungannya. Sifat biologis ini yang mendorong manusia untuk memperoleh pasangannya dan menyayangi sesuatu. sifat biologis ini juga mendorong manusia untuk melakukan aktifitar sosialnya baik dengan sesamanya maupun dengan lingkungan sekitar.
  2. Sifat hewani, dengan adanya perasaan-perasaan hakiki, manusia mengalami desakan-desakan internal untuk mencari keseimbangan hidup. Melalui peralatan indranya, manusia menjadi sadar dan menuruti keinginan-keinginan dan seleranya. Sifat biologis ini mendorong manusia untuk dapat mencari penghidupan baik makan, minum, dan segala aktifitas yang membuatnya untuk tetap hidup
  3. Sifat intelektual, dengan sifat ini manusia mampu menemukan benar atau salahnya sesuatu, dapat membedakan baik dan buruknya objek, serta dapat mengarahkan keinginan dan emosinya. Sifat intelektual manusia inilah yang membedakan manusia dengan makhluk-makhluk lainnya. Dengan adanya sifat intelektual ini, manusia dilebihkan derajatnya dari makhluk-makhluk lainnya.
Dari ketiga sifat tersebut diatas maka akan menjadi manusia yang sempurna apabila ketiga hal tersebut dapat dibina melalui pendidikan, pendidikan bertujuan mengarahkan manusia agar sifat dasar tersebut dapat menjadi baik sehingga jalannya dapat sesuai dengan manusia yang mempunyai sifat yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar