7 Tips Menjadi Guru Kreatif Dalam Pembelajaran

7 Tips Menjadi Guru Kreatif Dalam Pembelajaran. Untuk menjadi guru kreatif harus diperlukan usaha dan kesungguhan, berikut ada 7 tips menjadi guru kreatif dalam pembelajaran :
1. Berpikir inovatif
Jiwa yang kreatif terlahir dari sebuah pemikiran guru yang selalu ingin berinovasi sehingga selalu bervariasi dalam memberikan materi pelajaran kepada anak didiknya.
2. Percaya diri
Tentu saja sifat percaya diri dan selalu ingin berkembang ada pada diri guru yang kreatif. Tidak mudah memang menjadi seorang guru yang kreatif, karena apapun karya yang dia ciptakan harus kembali kepada anak didiknya. Keberhasilan seorang guru yang kreatif terletak pada kepuasan siswa setelah menerima materi pelajaran yang diberikan. Kalaupun anak didik merasa tidak suka atau tidak puas, guru yang kreatif seharusnya peka dalam hal ini. Langkah selanjutnya, dia akan mencoba mencari metode pengajaran yang sesuai dengan selera dan kemampuan anak didiknya. Tapi bagi kami, masalah siswa puas atau senang dengan metode pengajaran yang kita berikan adalah urusan belakangan yang terpenting adalah sikap pantang menyerah untuk selalu memberikan yang terbaik kepada anak didiknya. Karena apapun metode pengajaran yang diberikan bila bervariasi maka siswa pasti tidak akan bosan, disamping itu juga biasanya guru mempunyai gaya sendiri dalam mengajar agar tujuan pembelajaran dapat diterima oleh siswa.
3. Materi pelajaran yang diberikan menjadi mudah dimengerti
Tidak mudah mentransfer ilmu dari seorang guru menuju ke anak didiknya. Namun itulah tantangan yang biasanya dihadapi oleh seorang guru. Namun seorang guru yang kreatif akan selalu mencoba berbagi cara agar anak didiknya mudah memahami materi pelajaran yang diberikan.
4. Terus belajar dan belajar
Tidak ada kata puas bagi seorang guru yang kreatif. Bukan tidak ada kata puas yang negatif. Namun kata tidak puas bagi seorang guru yang kreatif adalah suatu semangat untuk terus mengembangkan diri demi kebaikan diri sendiri, anak didik, dan sekolah.
5. Cerdas dalam menemukan talenta anak didiknya
Karena tingkat kepekaan kepada anak didiknya yang tinggi, maka seorang guru yang kreatif biasanya mengenal kemampuan setiap anak didiknya. Kemampuan anak didiknya adalah bisa berupa bakat atau talenta. Dengan kepekaan yang dia miliki, seorang guru yang kreatif akan berusaha memanfaatkan dan mengembangkan talenta yang dimiliki oleh anak didiknya, misalnya dengan memberikan kesempatan anak didiknya untuk tampil di acara-acara sekolah.
6. Kooperatif 
Guru yang kreatif menyadari akan kelemahannya juga sebagai manusia. Itulah kenapa seorang guru yang kreatif berusaha untuk bisa belajar dari orang lain. Dengan kata lain, guru yang kreatif harus bisa bekerja sama dengan sesama guru, anak didik, kepala sekolah, dan pihak-pihak yang berada di lingkungan sekolah. Hal ini juga berguna untuk menyatukan misi dan visi diri dengan misi dan visi sekolah dan mengurangi kesalahpahaman dan permasalahan yang mungkin terjadi.
7. Mengajar dengan cara menyenangkan
Seorang guru yang kreatif tidak ingin anak didiknya merasa bosan dan tertekan pada saat dia memberikan sebuah materi pelajaran kepada anak didiknya maka ia akan selalu mencari cara agar anak didiknya merasa nyaman dengan cara mengajar yang dia berikan.

0 Response to "7 Tips Menjadi Guru Kreatif Dalam Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel