Rabu, 19 Februari 2014

Empat Pilar Dasar Filosofi Kurikulum 2013

Empat Pilar Dasar Filosofi Kurikulum 2013. Kurikulum pendidikan di Indonesia akan atau ada yang sudah melaksanakan kurikulum 2013 yang mengacu pada empat pilar filosofis yaitu sbb :
Pertama : Values Philosophy (filosifi nilai-nilai), yakni nilai-nilai keyakinan mutlak akan kebenaran dan kebaikan nilai-nilai Agama, Pancasila, dan cultur masyarakat sebagai core values, landasan fundamental, panduan, pemberi arah, pembentuk perilaku dan ultimate goals pendidikan nasional dalam semua level pelaksanaan pendidikan.

Kedua : Paradigm Philoshophy ( filosofi paradigmatik), yakni keyakian idiologis yang mengarahkan dan membimbing suasana batin dan psikologis serta memandu kerangka berfikir, logika, dan rasionalisme kita atas pilihan yang kita yakini kebenaran dan kebaikannya.

Ketiga : Mindset Philoshophy (filosifi pemikiran), yakni kesadaran dan keyakinan bahwa perubahan hanya mungkin terjadi dan dapat dilakukan manakala setiap unsur pelaku pendidikan atau siapapun yang terkait pendidikan nasional memiliki perubahan sikap, cara berfikir, cara pandang, kebijaksanaan, perilaku, dan tindakan dalam memaknai, memahami dan melaksanakan pendidikan nasional.

Keempat : Instrumental Philoshophy (filosofi instrumental), yakni keyakinan, kesadaran, dan pemahaman bahwasannya filosifi, konsep, konteks, dan implementasi perubahan dapat diwujudkan serta dapat memenuhi cita-cita, tujuan, dan harapan, manakala tersedia instrumen-instrumen dasar yang dibutuhkan untuk mengeksekusi perubahan.


0 komentar:

Posting Komentar