Definisi Belajar

No Comments
 Definisi Belajar. Mengacu pada Definisi belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu tingkath laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto, 2003:2). Sardiman AM (2008:21) mendefinisikan belajar adalah berubah, dalam hal ini yang dimaksudkan belajar berarti usaha mengubah tingkah laku. Jadi belajar akan membawa suatu perubahan pada individu-individu yang belajar. Perubahan tidak juga berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, pengesuaian diri.

Kemudian Prinsip Belajar
Untuk melengkapi pengertian makna belajar, perlu kiranya dikemukakan prinsip yang berkaitan dengan belajar. Dalam hal ini ada beberapa prinsip yang untuk diketahui, antara lain :
  1. Belajar pada hakikatnya menyangkut potensi manusiawi dan kelakuannya.
  2. Belajar memerlukan proses dan penahapan serta kematangan diri para siswa.
  3. Belajar akan lebih mantao dan efektif, bila didorong dengan motivasi terutama motivasi diri dalam dasar/kebutuhan/kesadaran atau intrinsix motivation, dan bukan hanya dibarengi dengan rasa takut atau dibarengi dengan rasa tertekan dan menderita.
  4. Dalam banyak hal, belajar merupakan proses percobaab (dengan kemungkinan berbuat keliru) dan conditioning atau pembiasaan
  5. Kemampuan belajar seseorang harus diperhitungkan dalam rangka menentukan isi pelajaran.
  6. Belajar sedapat mungkin diubah ke dalam bentuk aneka ragam tugas sehingga anak-anak melakukan dialog dalam dirinya atau mengalaminya.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.