Selasa, 14 Januari 2014

Definisi Hasil Belajar Siswa

Berkaitan dengan Definisi hasil belajar siswa, menurut Nana Sudjana dalam bukunya yang berjudul Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sekolah (1999:49) hasil belajar adalah suatu akibat dari proses belajar dengan menggunakan alat pengukur yaitu berupa tes yang disusun secara terencana, baik tes tertulis, tes lisan, maupun tes perbuatan.

Hasil Belajar adalah hasil yang ingin diperoleh siswa setelah mengikuti suatu materi tertentu dari mata pelajaran yang berupa data kuantutatif maupun kualitatif. 

Untuk melihat hasil belajar dilakukan suatu penilaian terhadap siswa untuk mengetahui apakah siswa telah menguasai materi atau belum. Penilaian merupakan upaya sistematis yang dikembangkan oleh suatu institusi pendidikan yang bertujuan untuk menjamin tercapainya kualitas proses pendidikan serta kualitas kemampuan peserta didik sesuai dengan tujuan yang telah dicapai.

(Cullen dalam Fathul Hilman,diakses dari Tryono'sblog diakses tanggal 15 juni 2010). Hasil belajar didefinisikan sebagai suatu hasil yang diharapkan dari pembelajaran yang telah ditetapkan dalam rumusan perilaku tertentu sebagai akibat dari proses belajarnya.

0 komentar:

Posting Komentar