Sabtu, 25 Januari 2014

Faktor-Faktor Motivasi Belajar

Motivasi belajar setiap orang satu dengan yang lainnya bisa jadi tidak sama. Biasanya, hal itu bergantung dari apa yang diinginkan orang yang bersangkutan. Misalnya, seorang anak mau belajar dan mengejar rangking pertama karena diiming-imingi akan dibelikan sepeda oleh orang tuanya.

Nah apa saja sih, faktor-faktor motivasi belajar yang membedakan motivasi belajar seseorang dengan yang lainnya?

Beberapa faktor dibawah ini  sedikit banyak memberikan penjelasan mengapa terjadi perbedaan motivasi belajar pada diri masing-masing orang, diantaranya :
  1. Perbedaan Fisiologis (physiological needs), seperti rasa lapar, haus, dan hasrat seksual.
  2. Perbedaan rasa aman (safety needs), baik secara mental, fisik, dan intelektual.
  3. Perbedaan kasih sayang atau afeksi (love needs) yang diterimanya.
  4. Perbedaan harga diri (self esteem needs), contohnya prestise memiliki mobil atau rumah mewah, jabatan, dan lain-lain.
  5. Perbedaan aktualisasi diri (self actualization), tersedianya kesempatan bagi seseorang untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya sehingga berubah menjadi kemampuan nyata.
Stimulus motivasi belajar
Terdapat dua faktor yang membuat seseorang dapat termotivasi untuk belajar, yaitu :
  1. Pertama, motivasi belajar berasal dari faktor internal. Motivasi ini terbentuk karena kesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya belajar untuk mengembangkan diri dan untuk bekal menjalani kehidupan.
  2. Kedua, motivasi belajar dari faktor eksternal, yaitu dapat berupa rangsangan dari orang lain, atau lingkungan sekitarnya yang dapat mempengaruhi psikologis orang yang bersangkutan.

0 komentar:

Posting Komentar