Selasa, 14 Januari 2014

Definisi Belajar

Belajar adalah Perubahan tingkah laku dalam Definisi belajar dapat dikategorikan sebagai berikut :
  1. Perubahan terjadi secara sadar, ini berarti individu akan menyadari terjadinya perubahan sekurang-kurangnya individu merasakan telah terjadi suatu perubahan dalam dirinya.
  2. Perubahan dalam belajar bersifat kontonue dan  fungsional, sebagai hasil belajar, perubahan yang tejadi dalam diri individu berlangsung terus menerus dan tidak statis. Suatu perubahan yang yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan ataupun proses belajar berikutnya.
  3. Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif. Dalam perbuatan belajar, perubahan-perubahan itu selalu bertambah dan tertuju untuk memperoleh suatu yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian, makin banyak usaha belajar itu dilakukan makin baik perubahan yang diperoleh. Perubahan yang bersifat aktif artinya bahwa perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan karena usaha individu itu sendiri.
  4. Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara,namun menetap atau permanen. Perubahan yang bersifat sementara yang terjadi hanya untuk beberapa saat saja, seperti berkeringat, keluar air mata menangis dan sebagainya. tidak bisa digolongkan sebagai perubahan dalam pengertian belajar. Perubahan yang terjadi karena proses belajar bersifat menetap atau permanen. Ini berarti bahwa tingkah laku yang terjadi  setelah belajar akan bersifat menetap.
  5. Perubahan dalam belajar bertujuan dan terarah. Ini berarti perubahan tingkah laku itu terjadi karena ada tujuan yang akan dicapai. Perubahan belajar terarah dan perubahan tingkah laku benar-benar disadari.
  6. Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku. Perubahan yang diperoleh individu setelah melalui suatu proses belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku. Jika seseorang belajar sesuatu, sebagai hasilnya ia akan mengalami perubahan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap kebiasaan, keterampilan, pengetahuan, dan sebagainya (Syaiful Bahri Djamarah, 2002:15)

0 komentar:

Posting Komentar