Rabu, 01 Januari 2014

12 Peran Guru di Kelas

Oemar Hamalik menyimpulkan 12 peran guru di kelas menurut Adam dan Dickry dalam bukunya Basic Principle of Student Teaching :
  1. Guru sebagai pengajar, menyampaikan ilmu pengetahuan, perlu memiliki keterampilan memberikan informasi kepada anak didik di kelas.
  2. Guru sebagai pemimpin kelas, perlu memiliki keterampilan cara memimpin kelompok murid.
  3. Guru sebagai pembimbing, perlu memiliki keterampilan cara mengarahkan dan mendorong kegiatan belajar siswa.
  4. Guru sebagai pengatur lingkungan perlu memiliki keterampilan mempersiapkan dan menyediakan alat dan bahan pelajaran.
  5. Guru sebagai partisipan, perlu memiliki ketarampilan cara memberikan saran, mengarahkan pemikiran siswa di kelas dan memberikan penjelasan.
  6. Guru sebagai ekspeditur, perlu memiliki keterampilan menyelidiki sumber-sumber masyarakat yang akan digunakan.
  7. Guru sebagai perencana, perlu memiliki keterampilan cara memilih, dan meramu bahan pelajaran secara profesional.
  8. Guru sebagai supervisor, perlu memiliki keterampilan mendorong motivasi belajar siswa.
  9. Guru sebagai penanya, perlu memiliki keterampilan cara bertanya yang merangsang kelas berfikir dan memecahkan masalah.
  10. Guru sebagai pengajar, perlu memiliki keterampilan cara memberikan penghargaan terhadap anak-anak yang berprestasi.
  11. Guru sebagai evaluator, perlu memiliki keterampilan cara menilai anak-anak secara objektif, kontinue, dan komprehensif.
  12. Guru sebagai konselor, perlu memiliki keterampilan cara membantu anak-anak yang memiliki kesulitan tertentu.
Pada prinsipnya peran guru tersebut dapat dirangkum dalam tiga peran utama yaitu sebagai pengajar, pembimbing, pendidik. Sebagai pengajar, guru harus bertanggung jawab atas hasil kegiatan belajar anak didik melalui interaksi belajar mengajar. 

Guru sebagai pembimbing bertugas memberikan bantuan terhadap individu untuk mencapai pemahaman dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri serta secara maksimal terhadap sekolah, keluarga, serta masyarakat.

Guru sebagai pendidik merupakan figur yang menjadi tokoh, panutan, dan identifikasi bagi para peserta didik dan lingkungannya. Maka guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu, yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri, dan disiplin.

0 komentar:

Poskan Komentar